SEBERAPA SULITKAH ASTRONOMI ITU?


Kedudukan sebuah planet terhadap bintang terdekatnya
 
Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatu, salam remaja produktif!!
Di pembahasan kali ini, aku akan membahas mengenai anggapan bahwa Astronomi itu katanya pelajaran yang sulit, langsung saja kita bahas, cekidot...

Banyak diantara teman temanku dan orang orang yang ada disekitarku yang mengatakan bahwa Astronomi itu sulit, bagian yang tidak sulitnya itu ada dibagian materi, menurut kadarnya hal itu tidaklah salah karena kita memang dituntut untuk bisa menguasai ilmu dasarnya terlebih dahulu, seperti geografi, matematika, fisika, dan kimia, tidak jarang yang berhubungan dengan biologi juga turut andil dalam perkembangan Astronomi ini.

Astronomi sebenarnya tidaklah sulit, sama seperti anggapan orang orang mengenai matematika yang katanya sulit, itu tidaklah benar!! Ingat! yang membuat sulit itu bukanlah apa yang kita pelajari, melainkan kita yang mempersulit diri kita sendiri.

Perasaan jenuh, bosan, memang wajar terjadi pada setiap manusia karena menurut ilmu ekonomi, tingkat kepuasan seseorang akan menurun saat mencapai tingkat kejenuhan dalam menggunakan sesuatu, seiring berjalannya waktu. Langkah yang paling efektif untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan membuat metode pembelajaran yang asyik dan menyenangkan sesuai dengan selera masing masing individu, setiap materi yang dipelajari, harus selalu kita jelajahi dan telusuri, karena pada hakikatnya akhir dari sebuah pembelajaran haruslah mencapai 2 hasil, mengerti dan paham. Dengan begitu, ilmu yang kita pelajari tidaklah menjadi sia sia dan bisa kita aplikasikan sesuai dengan penempatannya

Jika kalian belum bisa mengaplikasikan metode diatas, kalian bisa memulainya dengan membaca materi dan sumber artikel, semisal ensiklopedia dan dari buku elektronik. Mulailah dengan bacaan yang ringan, semakin lama, kalian akan semakin tertantang untuk ingin tahu. Saat masuk rumus, jangan pernah menanamkan dalam diri kalian bahwa mempelajari rumus itu sangat menyebalkan sehingga kalian tidak ingin melanjutkannya, jangan!! justru dengan sikap kalian yang begitu, akan sulit untuk mencerna materi dengan baik. Lakukan secara bertahap, lawan rasa takut kalian akan rumus dan perhitungan, dengan begitu, kalian akan mudah menyerap materi dari apa yang kalian baca dan bisa memahaminya dengan baik, apalagi bagi kalian yang ingin memperdalam Astronomi lebih jauh, hal diatas sangat diperlukan.

Untuk catatan, kalian tidak hanya cukup untuk belajar hanya berdasarkan pada satu buku, karena belum tentu terdapat kecocokan pada buku yang lain. Diperlukan setidaknya 3 buku untuk cabang ilmu yang sama agar kalian bisa mendapatkan hasil yang maksimal, dengan tingkat validasi yang cukup akurat.

Memang awalnya berat, tetapi coba untuk melawan hawa nafsu kita sendiri. Jika kita yakin dan mampu, lakukan! Jangan setengah setengah, lakukan sesuatu hingga tuntas, apalagi yang kamu pelajari itu pelajaran yang memang kamu senangi. Selalu berdoa kepada Yang Maha Kuasa agar selalu diberikan kemudahan dalam menuntut ilmu. Lakukan secara bertahap, karena proses tidak akan mengkhianati usaha, dan usaha tidak akan mengkhianati hasil...

Itu tadi merupakan sedikit upaya agar kalian bisa memahami ilmu Astronomi dengan baik. Kesulitan itu bukan dari apa yang kita kerjakan, tetapi kesulitan itu datangnya dari diri kita sendiri.
Semoga artikel diatas bermanfaat, terus pantau dan ikuti perkembangan dari blogku lainnya, see you....

Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatu, salam remaja produktif!!

Komentar

Postingan Populer