Mengenal Tata Surya dan Alam Semesta

MENGENAL TATA SURYA DAN ALAM SEMESTA
oleh : Dafit, 2019/07/06 Sabtu, pukul 14.00 WIB

Milky Way atau galaksi Bima Sakti merupakan salah satu dari sekian banyak galaksi yang ada di jagat raya, galaksi dimana tata surya kita berada

Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatu dan Selamat Siang!!

Berhubung dengan saya baru pertama kali ini memposting sebuah kiriman di Blog saya, jadi jika terdapat banyak kekurangan dan kesalahan dalam pemilihan kosa kata, mohon dimaafkan, ya....

Baiklah, kali ini, saya akan memposting kiriman mengenai tata surya dan alam semesta, selamat membaca dan semoga bisa menambah wawasan kalian mengenai pengetahuan ruang angkasa....cekidot!!

Tata surya merupakan sekumpulan atau satu kesatuan benda langit yang mengorbit pada matahari, sebagai bintang terdekatnya. Dalam tata surya sendiri, benda langit yang dimaksudkan terdiri dari berbagai macam komponen, diantaranya struktur batuan dan gas (planet), bebatuan ruang angkasa (meteor, asteroid, komet) dan komponen lainnya, yang mengorbit pada matahari
Gambar diatas merupakan tata surya kita. Ditunjukkan juga letak planet planet dari Matahari, dengan menyertakan planet kerdil (dwarf planet)

Di sistem tata surya kita ini, terbagi menjadi 2 penggolongan planet, yaitu planet terrestrial (kebumian) dan jovian (gas), yang seluruhnya berjumlah 8 buah yang saling bergerak melintasi garis edarnya (orbit), mengelilingi matahari (revolusi). 8 planet tersebut diantaranya Merkurius, Venus, Bumi, Mars (keempat planet tersebut merupakan planet terrestrial), Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus (keempat planet tersebut tergolong planet jovian).

Oh ya, tadi kita telah mengetahui kedelapan planet penyusun tata surya, gambaran secara umum, ada baiknya saya jelaskan sedikit mengenai definisi planet. Planet adalah sebuah benda langit yang tersusun dari berbagai elemen, yang memadat (bebatuan, gas yang membeku, dsb) yang terkonsentrasi akibat tekanan yang terjadi selama proses pembentukan alam semesta terjadi, partikel penyusunnya berasal dari sisa sisa gas yang terbuang dari pembentukan bintang disekitarnya, seiring berjalannya waktu, memadat, suhu yang relatif tinggi terpusat diinti planet, sedangkan bagian luarnya mendingin dan mengeras, pergerakan antar partikelnya menyebabkan terbentuknya gravitasi planet, uap hasil pembentukan planet, menyelubungi planet menjadi lapisan udara, dan mempertahankan kedudukan planet berbentuk hampir bulat hingga bulat sempurna, dan terbentuklah planet. Karena massa bintang jauh lebih besar dari planet, maka planet planet yang berada disekitaran radius gravitasi bintang, tertarik kearah bintang terdekatnya, yang kemudian mengorbit dan berevolusi terhadap bintang sesuai dengan "tipe" planet tersebut.

"Tipe disini bisa berupa volume, massa, dan diameter yang dimiliki planet, sehingga mempengaruhi jarak pengorbitan planet tersebut terhadap bintang terdekatnya"

Baiklah, mungkin sekian dulu yang bisa saya berikan sebagai pembuka materi astronomi. Jika kalian suka, ikuti terus perkembangan blogku. Akan ada banyak hal hal menarik yang akan aku ulas, baik mengenai IPTEK, dan hal lainnya yang bermanfaat. See you next time...salam remaja produktif!!

Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
 

Komentar

Postingan Populer